Rabu, 25 Februari 2015

Lap Kegiatan Waka Kesiswaan 2013-2017 Utk Jan-Mar 2014



KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan dan penyusunan program kerja Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Tahun  Pelajaran  2013-2014.
Program kerja ini disusun berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran pendapat dan masukan berbagai elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan seperti:
1.      Instruksi tertulis / Edaran kepala Madrasah tentang tugas pokok Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan.
2.      Visi misi dan strategi yang hendak dicapai.
3.      Suara rekan Pembina OSIS dan rekan pengajar dan karyawan.
4.      Pengurus OSIS dan siswa/MA Muhammadiyah Kota Bima.
5.      Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juklak dan juknis buku pedoman Pembina kesiswaan.
6.      Pengurus komite Madrasah.
Didasari keberadan siswa di Madrasah sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan kegiatan bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan anggaran, situasi dan  kondisi serta waktu akademik yang tersedia.
Partisipasi aktif siswa lebih diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik dan nonakademik sesuai minat dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda.
Dengan demikian diharapkan siswa yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang extrim pelanggaran tata tertib siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui pembinaan dan para Pembina OSIS dan pendidik diharapkan keberadaan Madrasah semakin maju dan Madrasah sebagai tempat pusat belajar. Semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat memberi nilai yang makin meningkat serta terbentuk kepercayaan publik ke Madrasah yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga atau keluarga besar MA Muhammadiyah Kota Bima.
Menyadari kekurangan-kekurangan penyusun dalam pembuatan program dan laporan hasil kegiatan ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan saran dan kritik berbagai pihak demi penyempurnaan penyusun program-program serupa khusunya program kerja Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan di masa yang akan datang merupakan referensi yang amat berharga serta merupakan satu kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.
Mudah-mudahan program kerja ini dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada Negara dan bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional khususnya di MA Muhammadiyah Kota Bima dengan visi dan misi Madrasah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja Madrasah, amin;
Kota Bima,.................2014
Penyusun




DAFTAR ISI

                                                                                                                                                Hal
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN ..................................................................
A.    Latar Belakang ..................................................................
B.     Dasar Hukum ..................................................................
C.     Maksud dan Tujuan ..................................................................

BABA II PELAKSANAAN KEGIATAN ..................................................................
A.    RENCANA KEGIATAN ..................................................................
I.        Garis-Garis Besar Program Kegiatan ..................................................................
II.     Pendistribusian Rincian Kegiatan ..................................................................
B.     PELAKSANAAN KEGIATAN ..................................................................
BAB III EVALUASI HASIL KEGIATAN ..................................................................
A.    Laporan Kegiatan Kesiswaan 2013-2014 ..................................................................
B.     Evaluasi Hasil Kegiatan ..................................................................
BAB IV PENUTUP ..................................................................
A.    Kesimpulan
B.     Saran-Saran
LAMPIRAN-LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang Beriman dan Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani kepribadian  yang menetap dan mandiri serta memilliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pembangunan dibidang pendidikan diarahkan kepada pengembangan sumber daya manusia yang bermutu tinggi, guna memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Melalui pendidikan, sumber daya manusia yang bersifat potensi dikualisasikan hingga optimal, dan seluruh aspek kepribadian dikembangkan secara terpadu.
Sejalan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia, Departemen Pendidikan Nasional terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan , dalam hal ini telah melakukan berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran, pengadaan sarana prasarana, perbaikan manajemen kelembagaan Madrasah maupun pembinaan kesiswaan.
Peningkatan mutu pendidikan di Madrasah tidak hanya terpaku pada pencapaian aspek akademi, melainkan aspek non akademik juga, baik penyelenggaraannya dalam bentuk kegiatan kurikuler ataupun ekstrakurikuler, melalui berbagai program kegiatan yang sistematis dan sistematik. Dengan upaya seperti itu, peserta didik (siswa) diharapkan memperoleh pengalaman yang utuh, hingga seluruh modalitas belajarnya berkembang secara optimal.
Disamping itu, peningkatan mutu diarahkan pula kepada guru sebagai tenaga kependidikan yang berperan sentral dengan strategis dalam memfasilitasi perkembangan pribadi peserta didik di Madrasah. Peningkatan mutu guru merupakan upaya mediasi dalam rangka pembinaan kesiswaan. Tujuan dari peningkatan mutu guru adalah pengembangan dalam pembbinaan kesiswaan terlingkup program kegiatan yang langsung melibatkan peserta didik (siswa) sebagai sasaran, adapula program yang melibatkan guru sebagai mediasi atau sasaran antara (tidak langsung). Namun, sasaran akhir dari kinerja pembinaan kesiswaan adalah perkembangan siswa yang optimal,sesuai dengan karakteristik pribadi tugas perkembangan, kebutuhan , bakat, minat, dan kreativitasnya.
MA Muhammadiyah Kota Bima merupakan lembaga pendidikan  yang berada dibawah naungan Departemen Pendidikan yang merupakan pendidikan formal yang dipimpin oleh kepala Madrasah, fungsi kepala Madrasah diantaranya sebagai pimpinan administrative dan supervisor memiliki banyak tugas yang tidak mungkin seluruhnya dapat ditanganai sendiri. Maka dalam melaksanakan tugasnya didelegasikan kepada guru yang ditugasi sebagai wakil kepala Madrasah.
Di MA Muhammadiyah Kota Bima terdapat 3 wakil kepala Madrasah yaitu : Wakil Kurikulum, Wakil Kesiswaan, dan Wakil Sarana Prasarana. Tiap2 wakil memilliki tugas dan perannya masin – masing sebagai perpanjangan tangan kepala Madrasah.
Tugas Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan adalah :
1.   Menyusun program kegiatan kesiswaan setiap awal tahun pelajaran dan melaporkannya kepada kepala Madrasah untuk mendapatkan pengesahannya.
2.   Merencanakan dan melaksanaan penerimaan siswa baru.
3.   Bersama wakil kepala bidang kurikulum mengelola mutasi siswa dan melaporkannya kepada kepala Madrasah.
4.   Merencanakan dan melaksanakan kegiatan MOS bagi siswa kelas X.
5.   Mengatur tatatertib siswa dan mengurus siswa yang melanggar tata tertib.
6.   Mengatur seluruh aktivitas siswa baik didalam maupun diluar Madrasah.
7.   Mengorganisir pelaksanaan karya wisata.
Walaupun di Madrasah – Madrasah telah ada wakil kepala Madrasah urusan kesiswaan, akan tetapi sifatnya kordinatif dan administratif. Ia bertugas mewakili kepala Madrasah dalam hal memadukan rencana serta mengkordinasikan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan sebagai bagian yang terpadu dari keseluruhan program pendidikan diMadrasah.
Pada dasarnya, pembinaan kesiswaan di Madrasah merupakan tanggung jawab semua tenaga kependidikan. Guru adalah salah satu tenaga kependidikan yang kerap kali berhadapan dengan peserta didik dalam proses pendidikan. Guru sebagai pendidik bertanggung jawab  atas terselenggarannya proses tersebut di Madrasah baik melalui bimbingan, pengajaran, dan atau pelatihan. Seluruh tanggung jawab itu dijalankan dalam upaya memfasilitasi peserta didik agar kompetensi dan seluruh aspek pribadinya berkembang optimal. Apabila guru hanya menjalankan salah satu bagian dari tanggung jawabnya, maka perkembangan peserta didik tidak mungkin optimal. dengan kata lain, pencapaian hasil pada peserta didik yang optimal, mempersyaratkan pelayanan dari guru yang optimal pula.
Oleh karena guru merupakan tenaga kependidikan, maka gurupun bertanggung jawab atas terselenggaranya pembinaan kesiswaan di Madrasah secara umum dan secara khusus terpadu dalam setiap mata pelajaran yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Dengan demikian, setiap guru sebagai pendidik seyogyanya memahami, menguasai, dan menerapkan kompetensi bidang pembinaan kesiswaan.
Dalam kerangka berpikir dan bertindak seperti itulah dikembangkan standar kompetensi guru bidang pembinaan kesiswaan, yang selanjutnya dirinci kedalam sub-sub kompetensi dan indikator-indikator sebagai rujukan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan. Keseluruhan indikator yang diturunkan dari enam kompetensi dasar yang dimaksud dapat dijadikan acuan, baik bagi penyelenggaraan pembinaan kesiswaan secara umum dalam program pendidikan di Madrasah, maupun secara khusus terpadu dalam program pembelajaran dan bimbingan yang menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran dan guru pembimbing.

B.     Dasar Hukum
Dasar hukum penyelenggaraan pembinaan kesiswaan :
1.    Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, pasal 1 butir 6 yang mengemukakan bahwa konselor adalah pendidik, pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi anak didik, dan pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselengggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran, dan pasal 12 ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
2.    Peraturan pemerintah no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, pasal 5 s.d pasal 18 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
3.    Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, yang memuat pengembangan diri peserta didik dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan / atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan.
4.    Dasar standarisasi profesi konseling yang dikeluarkan oleh direktorat jendral pendidikan tinggi tahun 2004 untuk memberi arah pengembangan profesi konseling  di Madrasah dan diluar Madrasah.

C.     Maksud dan Tujuan
I.          Maksud
Penyusunan program dimaksudkan untuk membantu mewujudkkan visi dan misi MA Muhammadiyah Kota Bima yang tertuang dalam program strategi Madrasah program kerja kepala Madrasah serta mewadahi suara siswa  aktivitas dan kreativitas siswa melalui suatu wadah organisasi kesiswaan (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dengann sejumlah kegiatannya.



II.       Tujuan
Fungsi dan tujuan akhir pembinaan kesiswaan secara umum sama dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, sebagaimana tercantum dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, bab II, pasal 3 yang berbunyi sebagai berikut :
‘Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan  menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.’

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

A.    RENCANA KEGIATAN

I.      Garis-Garis Besar Program Kegiatan

1.    Kegiatan Utama
a.       Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS melaksanaan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam ranngka menegakan disiplin dan tata tertib Madrasah.
b.      Membina dan melaksanakan koordinasi keamannan, kkebersihan, ketertiban, keindahan kerindangban dan kekeluargaan (6K).
c.       Memberikan pengarahan dan pemilihan pengurus OSIS, melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi.
d.      Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
e.       Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon penerima beasiswa
f.       Melaksanakan pemillihan siswa untuk mewakili Madrasah dalam kegiatan diluar Madrasah.
g.      Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
h.      Mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan kelas dan pengurus OSISi
i.        Mengghadiri rapat pertanggungjawaban  pengurus OSIS lama
j.        Melaksanakan pemilihan Pengurus OSIS
2.    Kegiatan Lainnya
a.       Menentukan bidang kegiatan
b.      Mengajukan usulan Pembina OSIS dan Pembina ekstrakurikuler
c.       Menghaadiri rapat-rapat pengurus OSIS
d.      Menghadiri siswa diberbagai event perlombaan baik latihan maupun kejuaraan.
e.       Penataan lingkungan melalui 5K
f.       Evaluasi seluruh kegiatan
II.   Pendistribusian Rincian Kegiatan

1.    Kegiatan Awal Tahun
a.       Menyusun program kerja,OSIS, Wakil kesiswaan dan para Pembina OSIS
b.      Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan
c.       Bersama wakil kepala  bidang kurikulum menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta pembina upacara.
d.      Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Siswa) sesuai juklak dan juknis.
e.       Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan dan kekeluargaan.
f.       Mempublikasikan para Pembina, pelatih dan coordinator kesiswaan.
g.      Mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus OSIS
h.      Pempublikasian pengurus OSIS
2.    Kegiatan Harian
a.       Membina siswa untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada di Madrasah baik yang tertulis maupun yang tak tertulis.
b.      Mengamati dan mendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi di MA Muhammadiyah Kota Bima.
c.       Mendata dan memberikan point nilai pelanggaran bagi siswa yang melangggar peraturan
d.      Mewakili guru piket jika yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
e.       Melaksanakan piket pimpinan
f.       Mengirimkan siswa untuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala Madrasah
3.    Kegiatan Mingguan
a.       Mengawasi, mengontrol dan mengabsen pelaksanaan kegiatan ektra kurikiler
b.      Melaksanakan pengibaran bendera tiap satu minggu sekali
c.       Pembinaan tentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib Madrasah
d.      Membinaan Osis dalam kegiatan  Mading
4.    Kegiatan Bulanan
a.       Membimbing pengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadwal kegiatan seperti hari besar agama atau nasional
b.      Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS
c.       Bersama para Pembina dan petugas piket mengadakan razia.
d.      Melaksanakan rapat koordinasi dengan para Pembina.
5.    Kegiatan Semester Ganjil
a.       MOS
b.      Upacara Bendera
c.       Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib :
ü  Pidato bahasa inggris, bahasa Arab dan bahasa Indonesia.
ü  Dakwah
ü  Lomba Baca Puisi
ü  Olahraga (Bola voli, Sepak bola, Takraw
ü  Seni Beladiri (tapak Suci)
d.      Pemilihan OSIS
e.       Safari Ramdhan/Pesantren kilat
f.       Latihan Pramuka
g.      Perkaderan/LDKS
6.    Kegiatan semester Genap
a.       Menyiapkan dan melaksanakan perpisahan kelas XII
b.      Mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
c.       Mengadakan razia
d.      Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib.
ü  Pidato bahasa inggris, bahasa Arab dan bahasa Indonesia.
ü  Dakwah
ü  Lomba Baca Puisi
ü  Olahraga (Bola voli, Sepak bola, Takraw
ü  Seni Beladiri (tapak Suci)
e.       Upacara pengibaran bendera
f.       Peringatan Isra Mi’raj
g.      Peringatan maulid Nabi Muhammad saw
7.    Kegiatan Akhir Tahun
a.       Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia siswa baru
b.      Memberikan SK kepala Madrasah pada panitia penerimaan siswa baru
c.       Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia mos
d.      Memberikan SK kepsek pada panitia MOS
e.       Melaksanakan MOS
f.       Laporan evaluasi Program
B.     PELAKSANAAN  KEGIATAN
Agenda Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan
Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Bima
Tahun Ajaran 2013 – 2014


No.

Hari/Tanggal

Nama Kegiatan

Pelaksana/Peserta


8 s/d 10 Juli 2013
Masa Orientasi Siswa (MOS)
Panitia (OSIS/IPM)

11-14 Juli 2014
Pesantren Kilat/Latihan Muballigh (ah)
Kls XI dan XII

15-20 Juli 2014
Safari Ramadhan Keliling
Kls XI dan XII

25 Juli-14 Ags 2013
Latihan Gerak Jalan
Pembina Pramuka

15 Agt 2013
Mengikuti Lomba Gerak Jalan
Kwarcab Kobi

15 Nop-15 Des  13
Lomba HAB Kemenag Kobi ke-68
kelas X-XI-XII

16-20 Des. 2013
Class Meeting Siswa Semester Ganjil 2013-2014
OSIS/IPM

23-28 Des. 2013
Perkaderan IPM Taruna Melati I
Panitia (OSIS/IPM)

3 Jan 2014
Pemilihan Kepengurusan Osis
Panitia (OSIS/IPM)

1-31 Des. 2013
Persiapan Lomba Cerdas Cermat Empat  Pilar Bangsa Tk SMA/MA Kota Bima
Guru PKn

Jan. 2014
Lomba Cerdas Cermat Empat  Pilar Bangsa Tk SMA/MA Kota Bima
Diknas Kobi

April 2014
Persiapan Perpisahan kls XII
Panitia (OSIS/IPM)

Mei 2014
Perpisahana kls XII
Panitia (OSIS/IPM)

16-20 Juni 2014
Class Meeting Siswa Semester Genap 2013-2014
Panitia (OSIS/IPM)

23-28 Juni 2014
Perkaderan IPM Taruna Melati II
Panitia (OSIS/IPM)

Bima,          Juli  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah



(Abdurrahman, S. Ag., M. Pd.I)
NBM: 966 284
Wakamad Kesiswaan



(Abdurrahman, SH)
966 274



BAB III
EVALUASI HASIL KEGIATAN


A.   Laporan Kegiatan Kesiswaan 2013-2014

REALISASI PROGRAM KERJA BIDANG
WAKIL KEPALA MADRASAH BIDANG KESISWAAN
MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH KOTA BIMA
TAHUN AJARAN 2013 – 2014

No
Nama
Kegiatan
Wkt
Plksn
Tmpt Pelksnaan
Pelaksana
Penanggung
jawab
pserta
Ket/
Hasil yg dicpai
1
Masa Orientasi Siswa (MOS)
8 -10 Jul 2013

Lingk MA Muh.
OSIS/IPM MA Muh
Waka Kesiswaan
SisBa (62 org)
Siswa Baru dapat mengetahui, memahami situasi, kondisi dan  aturan main diMadrasah
2
Latihan Muballigh (ah)
11-14 Jul 13
Ruang MA Muh.
OSIS/IPM MA Muh
Kaharuddin, M. Pd.I
15 org
Melahirkn Kader Mubaligh(ah)
3
Safari Ramadhan Keliling
15-20 Jul 13
Wilayah Kec. Kabi
MA Muh.
Kaharuddin, M. Pd.I
Abdurrahman, SH
Endang, S. Pd.I
15 org
Masy. Terinspirasi dan termotifasi serta tercerahkan
4
Olimpiade MIPA (Matematika dan Fisika) Tk SMA/MA se-NTB
23 Mart 2013
Kmpus UMM
FKIP UM Mtrm
Mursalin, S. Pd
Drs. Sirajuddin
2
-
5
Lomba Kompetisi Matematika (KOMAT) Tk SMA/MA se-Kota/KabBi dan Dompu
6-7 Mart 13
STIKP TSB
HIMAPTIKA STKIP TSB
Mursalin, S. Pd.
1 org
-
6
Lomba Shalat Jenazah
26 Nop. 2013
MTsN Raba
Panitia HAB Kemenag
Endang, S. Pd.I
14 org
Juara 3 PI (siswa dapat mempraktekkan tata cara shalat Jenazah)
7
Lomba Pidato Bahasa Inggris
28 Nop. 2013
MAN 1 Kobi
Panitia HAB Kemenag
Sri Kurniati, S. Pd
3
-
8
Lomba Pidato Bahasa Arab
28 Nop. 2013
MAN 1 Kobi
Panitia HAB Kemenag
Maryam, S. PdI
1
-
9
Lomba Pidato Bahasa Indonesia
28 Nop. 2013
MAN 1 Kobi
Panitia HAB Kemenag
Juliati, S. Pd
2
-
10
Lomba Puitisasi
03 Des. 2013
MTsN 1 Kota Bima
Panitia HAB Kemenag
Jualiti, S. Pd
2
-
11
Jalan Santai HAB Kemenag Kota Bima yang ke-68
12 Des. 2013
Walikota-Serasuba
Panitia HAB Kemenag
Abdurrahman, SH
Peg- Sisw
Menciptakan suasana keakraban dan persauidaraan antara sesama siswa dan pegawai antara sekolah
12
Class Meeting semester Ganjil 2013-2014
13-19 Des 13
MA Muh.
IPM Gab. MA,SMA,SMK Muh.
Waka Kesiswaan
Slrh siswa
Siswa dapat bergembira ria dggn berbagai kegiatan yg menarik
13
Perkaderan IPM Taruna Melati I
21-26 Des 13
Sape
PD IPM Kab. Bima
Abdurrahman, SH
10 org
Melahirkan Kader Ikatan yg memiliki dedikasi tinggi untuk umat dan bangsa
14
Pemilihan Ketua OSIS/IPM MA Muh. Kobi
12 Jan 2014
MA Muh.
Panitia Pemilihan
Abdurrahman, SH
Slrh siswa
Regenerasi kepemimpinan
15
Lomba Cerdas Cermat Empat
Pilar Bangsa Tk SMA/MA Kota Bima
15 Jan 2014
SMAN 1 Kota Bima
Diknas Kota Bima
Abdurrahman, SH (guru PKn)
10 org
Juara 2 pd Babak pengiasian
B.     Evaluasi Hasil Kegiatan
Memperhatikan serta membandingkan keseluruhan agenda/program yang telah dicanangkan dengan realisasi program Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, maka tentu saja akan kita jumpai beberapa kenyataan yang sedikit tidak sesuai. Ada beberapa gambaran kondisi ketidak sesuaian yang kami maksudkan adalah antara lain:
1.      Ada program yang telah direncanakan secara matang, namun dlm realisasinya tidak terwujud;
2.      Ada program yang telah direncanakan secara matang, alhamdulillah tetap terlaksana meskipun waktu dan tempat bergeser dari rencana awal
3.      Ada program yang tidak direncanakan sama sekali justru terwujud dengan baik dan lancar.
4.      Ada juga program yang terlaksana, namun hasilnya kurang sesuai dengan harapan

Kondisi-kondisi yang kami gambarkan diatas disebabkan oleh beberapa faktor yang antara lain:
1.      Kurangnya waktu yang tersedia untuk melakukan persiapan dalam melaksanakan suatu kegiatan tersebut
2.      Kurangnya kesiapan yang dari Pembimbing/Penanggungjawab sehingga menyebabkan hasil dari kegiatan yang dilaksanakan  kurang maksimal
3.      Terjadi perbenturan antara agenda yang mau direalisasikan dengan kepentingan  (pribadi) para pembina
4.      Terjadi perbenturan antara agenda yang telah direncanakan dengan kegiatan yang lebih penting namun datangnya secara tiba-tiba dan tak terduga
5.      Sumber Daya Siswa yang kurang maksimal
6.      Minimnya Anggaran
7.      Dan masih banyak lagi kendala-kendala lain yang sangat mempengaruhi terlaksananya program kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya  








 BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Keberhasilan suatu program kegiatan tidaklah cukup dari sejauhmana indah dan banyaknya suatu program kegiatan yang direncanakan, akan tetapi suatu proses dan output dari kegiatan yang telah dilaksanakan merupakan tolak ukur nyata akan keberhasilan program kegiatan yang dicangkan, sekecil apapun kegiatan tersebut.

Maksimalnya suatu proses kegiatan terhadap program yang dilaksanakan sangat bergantung pada daya dukung dari bebera pihak dan unsur, seperti ketersediaan anggaran, sumber daya siswa, sumber daya pembina, waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, fasilitas serta semangat dari beberapa pihak yang terkait langsung dengan kegiatan tertentu.

Kualitas keberhasilan dari suatu program kegiatan tertentu berbanding lurus dengan bagaimana proses dari kegiatan yang berlangsung.

B.     Saran-Saran
1.      Bagaimanapun juga usaha yang telah ditunjukkan oleh berbagai pihak dalam setiap program kegiatan yang telah dilaksanakan selama Tahun Pelajaran (2013-2014) yang tengah berjalan ini kami rasa sudah maksimal. Akan tetapi kami sebagai Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan masih sangat mengharapkan semangat dan kerjasamanya serta dukungannya untuk terus menuntaskan program yang telah dicanangkan dan tetap mempertahankan serta semakin meningkatkan (baik kuntitas maupun kualitas) program-program kegiatan pada tahun ajaran berikutnya (2014-2015)
2.      Belajar dari pengalaman tahun pelajaran (2013-2014) ini, bahwa masih banyak program kegiatan yang telah direncanakan dan dirasakan sangat urgen untuk dilaksanakan dan diikuti  yang terpaksa tidak dilaksanakan dan diikuti karena kendala anggaran, maka diharapkan kepada Kepala Madrasah untuk terus memberikan dukungan baik moril terutama meteril kiranya alokasi anggaran untuk Waka Kesiswaan dinaikkan lagi, sehingga baik kuantitas maupun kualitas dari program yang dicanangkan  akan maksimal hasilnya
3.      Kamipun masih sangat menyadari bahwa masih banyak seabrek kegiatan-kegitan lain yang  belum sempat kami canangkan padahal kegiatan tersebut sangat memberikan nilai yang cukup berharga dan bermanfaat baik bagi terbentuknya watak siswa/i maupun untuk kemajuan Madrasah kedepannya, untuk itu kiranya kepada Bapak/Ibu Pengawas kiranya kami mendapatkan pembinaan yang kontinu dan berkala.
4.      Kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program kegiatan bidang Kesiswaan tdak lupa kami khaturkan ucapan terima kasih yang sangat mendalam, semoga amal kebaikan para pihak dan sekecil apapun itu insya Allah pasti bermanfaat.








LAMPIRAN-LAMPIRAN


              MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMADIYAH DAERAH BIMA
      MA MUHAMMADIYAH KOTA BIMA
Akreditasi B       NSM: 131252720002
                 Alamat : Jln. W. Monginsidi Tolobali Bima-NTB Telp. (0374) 42728-HP. 082 144 102 746, 085 239 803 613

MANUAL ACARA MASA OREANTASI SISWA BARU (MOSBA)
 MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH KOTA BIMA
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

No
Hari / Tanggal
Jam
Kegiatan
Pemateri
Lokasi
1
Senin,
8 Juli 2013
06.30 - 07.30
Upacara Pembukaan

Lapangan
07.30 - 09.00
Perkenalan Siswa
OSIS
Ruang kelas
09.00 - 09.30
Cek Perlengkapan
Tatib, PubDok, Sie Konsumsi
Ruang kelas
09.30 - 10.00
ISTIRAHAT
10.00 - 10.30
Hak dan Kewajiban Siswa
Mursalin, S. Pd
Ruang kelas
10.30 - 11.00
Pengenalan Tata Tertib Siswa
Abdurrahman, SH
Ruang kelas
11.00 – 12.00
Permainan 1
OSIS
Ruang kelas
12.00 - 12.45
ISHOMA
12.45 - 13.45
Intermezo
OSIS
Ruang kelas
13.45 - 14.00
Briefing dan Persiapan Pulang
OSIS
Ruang kelas
2
Selasa,
9 Juli 2013
06.30 - 07.30
Senam Pagi
Munadir, S. Pd
Lapangan
07.30 - 09.00
Visi dan Misi Sekolah
Abdurrahman,M.Pd.I
Ruang kelas
09.00 - 09.30
ISTIRAHAT
09.30 - 10.00
Wawasan Wiyata Mandala
Anang Supramn, S.Pd
Ruang kelas
10.00 - 10.30
Program dan Cara Belajar Efektif
Drs. Sirajuddin
Ruang kelas
10.30 - 11.00
Tata Krama Siswa
Hasnah, S. Pd

11.00 – 12.00
Pengenalan Ekstrakulikuler
Abdurrahman, SH

12.00 - 12.45
ISHOMA


12.45 - 13.45
Permainan 2
OSIS
Ruang kelas
13.45 - 14.00
Briefing dan Intermezo


3
Rabu,
10 Juli 2013
06.30 - 07.30
Olahraga ria
Munadir, S. Pd
Lapangan
07.30 - 09.00
Jalan sehat
OSIS

09.00 - 09.30
Logic Game
OSIS
Lapangan
09.30 - 10.00
ISTIRAHAT
10.00 - 10.30
Renungan
OSIS
Ruang kelas
10.30 - 11.00
Intermezo
OSIS
Ruang kelas
11.00 – 12.00
Ramah tamah dan persiapan Penutupan
OSIS
Ruang kelas
12.00 - 12.45
ISHOMA
12.45 - 13.45
Ucapara Penutupan
OSIS
Ruang kelas
13.45 - 14.00
Briefing dan Pembagian Sertifikat
OSIS
Ruang kelas

Bima, 6 Juli 2013

Mengetahui,
Kepala Madrasah



(Abdurrahman, S. Ag., M. Pd.I)
NBM: 966 284
Wakamad Kesiswaan



(Abdurrahman, SH)
NBM: 966 274



              MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMADIYAH DAERAH BIMA
      MA MUHAMMADIYAH KOTA BIMA
Akreditasi B       NSM: 131252720002
                 Alamat : Jln. W. Monginsidi Tolobali Bima-NTB Telp. (0374) 42728-HP. 082 144 102 746, 085 239 803 613

MANUAL ACARA MASA OREANTASI SISWA BARU (MOSBA)
 MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH KOTA BIMA
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

No
Hari / Tanggal
Jam
Kegiatan
Pemateri
Lokasi
1
Kamis,
3 Juli 2014
07.30 - 08.30
Upacara Pembukaan

Lapangan
08.30 - 10.00
Perkenalan Siswa
OSIS
Ruang kelas
10.00 - 10.20
Istirahat


10.20 – 11.00
Hak dan Kewajiban Siswa
Mursalin, S. Pd
Ruang kelas
11.00 – 12.45
Pengenalan Tata Tertib Siswa
Abdurrahman, SH
Ruang kelas
12.45 - selesai
Persiapan sholat Dzuhur bersama
OSIS
Masjid
2
Jum’at,
4 Juli 2014
07.30 - 08.30
Senam Pagi
Munadir, S. Pd
Lapangan
08.30 - 09.15
Wawasan Wiyata Mandala
Anang Supramn, S.Pd
Ruang kelas
09.15 - 09.30
Istirahat


09.30 – 10.30
Etika Siswa
Endang, S. Pd.I
Ruang kelas
10.30 – 11.15



11.15 - selesai
Persiapan sholat Jum’at bersama
OSIS
Masjid
3
Sabtu,
5 Juli 2014
06.30 - 07.30
Olahraga ria
Munadir, S. Pd
Lapangan
07.30 - 09.00
Jalan sehat
OSIS

09.00 - 09.30
Logic Game
OSIS
Lapangan
09.30 - 10.00
ISTIRAHAT
10.00 - 10.30
Renungan
OSIS
Ruang kelas
10.30 - 11.00
Intermezo
OSIS
Ruang kelas
11.00 – 12.00
Ramah tamah dan persiapan Penutupan
OSIS
Ruang kelas
12.00 - 12.45
ISHOMA
12.45 - 13.45
Ucapara Penutupan
OSIS
Ruang kelas
13.45 - 14.00
Briefing dan Pembagian Sertifikat
OSIS
Ruang kelas

Bima, 2 Juli 2014

Mengetahui,
Kepala Madrasah



(Abdurrahman, S. Ag., M. Pd.I)
NBM: 966 284
Wakamad Kesiswaan



(Abdurrahman, SH)
NBM: 966 274



TATA TERTIB SISWA MA MUHAMMADIYAH
KOTA BIMA
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

A.    PENDAHULUAN
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dalam suatu institusi, lembaga atau organisasi dimanapun berada,selalu mengedepankan aturan main atau tata tertib. Tata Tertib tersebut diperlukan untuk mencapai Visi dan Misi institusi, lembaga atau Organisasi yang ingin dicapai bersama.
Demi tercapainya tujuan dan kelancaran pelaksanaan pendidikan di MA Muhammadiyah Kota Bima, maka dipandang perlu untuk menetapkan dan mengesahkan Peraturan tentang Tata Tertib Siswa di lingkungan MA Muhammadiyah Kota Bima. Tata Tertib tersebut mengikat Siswa MA Muhammadiyah Kota Bima artinya setiap siswa wajib mentaati dan menjunjung tinggi segala Peraturan yang ditetapkan oleh Pimpinan atau Kepala MA Muhammadiyah Kota Bima.
B.     DASAR PELAKSANAAN.
  1. Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Undang-Undang Nomor : 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Undang-Undang Nomor  :20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).
  4. Program Kerja, Visi dan Misi MA Muhammadiyah Kota Bima.
  5. Rencana Strategis  ( RENSTRA ) 5 Tahun MA Muhammadiyah Kota Bima.
C.       TUJUAN
  1. Terciptanya suasana yang harmonis, tertib dan nyaman
  2. Menyamakan persepsi dan langkah pembinaan dalam rangka mencegah perilaku negatif siswa.
  3. Meningkatkan kinerja seluruh Keluarga Besar MA Muhammadiyah Kota Bima.
  4. Menumbuhkembangkan minat, sikap dan kepribadian siswa dalam melaksanakan KBM dan kewajibannya di sekolah
D.       TATA TERTIB UMUM
1.      Siswa mengucapkan dan menjawab salam bila bertemu dengan Guru, Karyawan, siswa lainnya dan atau orang lain yang ada di lingkungan sekolah yang sesuai dengan tata cara Islam.
  1. Siswa wajib berpakaian seragam Sekolah sesuai ketentuan dan jadwal yang telah ditentukan oleh MA Muhammadiyah Kota Bima.
  2. Siswa wajib memiliki Kartu Pelajar MA Muhammadiyah Kota Bima.
  3. Siswa Wajib Mengikuti shalat Dzuhur berjama’ah di sekolah
E.       TATA TERTIB KHUSUS
Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, maka siswa dilarang keras :
  1. membawa atau mengedarkan, menjual dan menggunakan psikotropika, narkoba dan minuman keras atau sejenisnya.
  2. Membawa, menyimpan dan menggunakan senjata tajam dan senjata api.
  3. Membawa rokok atau merokok di lingkungan madrasah  atau di sekitar lingkungan Madrasah.
  4. Membawa, membaca atau mengedarkan gambar, bacaan dan Blue Film (BF)  atau yang sejenisnya yang berindikasi pornografi.
  5. Mengambil barang milik orang lain tanpa izin yang dikategorikan sebagai tindakan pencurian.
  6. Mencorat coret dan merusak Gedung serta seluruh perlengkapan yang ada di lingkungan Madrasah.
  7. Melakukan pemerasan, pemalakan dan tindakan lain yang dikategorikan sebagai aksi kekerasan.
  8. Membawa atau memakai perhiasan atau aksesoris di lingkungan Madrasah baik siswa maupun siswi apabila kedapatan akan disita dan yang berhak mengambil adalah orang tua/wali siswa/i.
  9. Menggunakan make up, kontak lens berwarna, kuteks atau pacar di lingkungan madrasah.
  10. Membuat dan menggunakan tatto dan gambar-gambar serta  memakai tindik di tubuh siswa baik permanen maupun temporer.
  11. Memanjangkan  rambut bagi siswa laki-laki dan harus memakai jilbab bagi siswi perempuan.
F.        TATA TERTIB DI SEKOLAH

I.          UPACARA BENDERA.
1.      Siswa wajib untuk mengikuti Upacara Bendera pada hari Senin dan pada Hari Besar Nasional.
2.      Siswa sudah hadir dan siap di lapangan upacara 5  menit sebelum upacara dimulai.
3.      Siswa yang ditunjuk sebagai Petugas Upacara wajib mengenakan perlengkapan Upacara dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.
4.      Siswa berbaris sesuai dengan angkatan/Kelas masing-masing dengan 1 (satu) Pemimpin Regu.
5.      Siswa wajib memakai seragam dan atribut lengkap sesuai aturan yang berlaku.
6.      Siswa yang terlambat mengikuti upacara dari awal, diwajibkan membuat barisan terpisah.
7.      Siswa mengikuti pelaksanaan upacara dengan tertib dan khidmat sampai seluruh proses upacara selesai.
II.        KEDATANGAN  DAN PERSIAPAN BELAJAR SISWA

1.      Siswa sudah berada di  lingkungan madrasah 5 (lima) menit sebelum bel masuk.
2.      Siswa masuk ke dalam kelas pukul 07.00 WIT setiap harinya dan pulang pukul 13.30 WIT, kecuali hari Jum’at pulang setelah melaksanakan shalat Jum’at bagi siswa.
3.      Siswa yang datang terlambat akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4.      Siswa wajib Tadarus AL-QUR’AN dan berdo’a sebelum jam pertama dimulai (07.00 – 07.15 WIB) yang dipandu oleh Guru Mata Pelajaran/Ketua Kelas.
5.      Siswa wajib mempersiapkan segala sesuatu yang menunjang kelancaran proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
III.     SELAMA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ( KBM ) BERLANGSUNG.
1.      Siswa wajib menjaga ketertiban, kebersihan, keamanan dan kekeluargaan selama pelajaran berlangsung.
2.      Siswa dilarang membawa makanan atau minuman, makan atau minum di dalam ruangan kelas.
3.      Siswa wajib mengikuti pelajaran dengan seksama sampai akhir pelajaran selesai.
4.      Siswa yang terlambat masuk kelas pada saat pergantian jam pelajaran dikenakan sanksi oleh guru mata pelajaran yang berlangsung.
5.      Siswa yang ingin meninggalkan kelas karena sesuatu hal, harus meminta izin kepada guru yang mengajar
6.      Siswa yang meninggalkan Madrah pada saat jam pelajaran karena sesuatu hal, harus meminta izin kepada Pegawai di Kantor
7.      Selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Berlangsung dilarang mengaktifkan alat-alat komunikasi.
8.      Disetiap akhir pelajaran, siswa mengemasi dan merapikan dan tidak boleh meninggalkan perlengkapan belajar di dalam kelas serta membaca do’a bersama-sama yang dipimpin oleh ketua kelas.
9.      Seluruh siswa diwajibkan untuk menjaga kebersihan ruang kelas.
IV.     WAKTU ISTIRAHAT
1.      Siswa harus menggunakan waktu istirahat dengan baik di luar kelas
2.      Siswa wajib kembali ke kelas segera setelah waktu istirahat selesai.

V.        TIDAK MASUK SEKOLAH ATAU IZIN
1.      Siswa yang berhalangan hadir karena sakit, wajib melampirkan surat keterangan dokter atau surat keterangan dari orang tua/wali baik lisan maupun tulisan
2.      Siswa yang terpaksa tidak dapat mengikuti pelajaran karena ada sesuatu hal, harus meminta izin kepada wali kelas dan guru yang mengajar pada saat itu.
3.      Siswa yang berhalangan hadir wajib meminta materi pelajaran/tugas yang tidak dapat diikutinya kepada guru yang bersangkutan.
VI.     PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER
1.      Kegiatan Ekstrakurikuler dilaksanakan setiap hari Jum’at yang diatur sesuai jadwal.
2.      Siswa wajib memilih atau dipilihkan salah satu ekstrakurikuler yang diwajibkan di MA Muhammadiyah Kota Bima.
3.      Ekstrakurikuler yang diwajibkan di MA Muhammadiyah Kota Bima yaitu ; Pramuka, Tapak Suci, LDK dan Tahfiz
4.      Siswa wajib mengikuti dan melaksanakan kegiatan  ekstrakurikuler yang  dipilih atau dipilihkan.
5.      Untuk menghindari penumpukan keanggotaan disalah satu ekstrakurikuler tertentu, maka dibuatkan aturan main yaitu dengan sistem kuota masing-masing 25% untuk ekstrakurikuler wajib.
6.      Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler agar diarahkan pada pembentukan karakter siswa.
7.      Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler  agar dilakukan dengan  baik dan disiplin serta dijauhkan dari perpeloncoaan dan budaya kekerasan.
8.      Ekstrakurikuler  Wajib dan pilihan yang diakui keberadaannya di MA Muhammadiyah Kota Bima adalah ; Seni Beladiri (TS), Pramuka, Tahfiz, LDK, Karya Ilmiah Remaja ( KIR), Seni dan Budaya, Sepak Bola, dan Bola Volley.
VII.  TATA CARA BERPAKAIAN DAN BERPENAMPILAN
Penggunaan Seragam Sekolah di MA Muhammadiyah Kota Bima diatur sebagai  berikut :
1.      Hari Senin dan Selasa berpakaian celana/rok Abu-abu dan baju putih, serta baju harus stel dalam (bagi siswa) dengan memakai ikat pinggang serta Kerudung warna putih (bagi siswi).
2.      Hari Rabu dan Kamis berpakaian celana/rok Hitam dan baju Batik serta Kerudung warna hitam (bagi siswi).
3.      Hari Jum’at dan Sabtu berpakaian Pramuka serta baju harus stel dalam (bagi siswa) dengan memakai ikat pinggang
4.      Seluruh siswa dan siswi wajib memakai sepatu dan kaos kaki
5.      Tidak diperkenankan memakai celana model jahitan Loreng atau Pensil (bagi siswa)
6.      Seluruh siswi wajib memakai baju lengan panjang dan harus menutup pantat
7.      Siswa tidak diperkenankan mencukur Jabri dan menyisir rambut  ala gaul

VIII.         KREDIT POINT BAGI SETIAP PELANGGARAN

Setiap pelanggaran akan diberi sanksi berupa Kredit Point. Dan besarnya kredit point dari setiap pelanggaran dibawah ini adalah sebagai berikut:

No
Jenis Pelanggaran
Point
Ket
1
Terlambat masuk kelas kurang dari 5 menit
2

2
Meninggalkan sekolah tanpa keterangan
4

3
Mengaktifkan HP selama KBM
3

4
Meninggalkan sekolah (bolos)
4

5
Tidak melaksanakan shalat dzuhur berjama’ah di sekolah
4

6
Tidak mengikuti Upacara Bendera
2

7
Tidak mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler yang dipilih atau yang dipilihkan
3

8
Terlambat mengikuti Upacara Bendera
1

9
Menggunakan tatto dan gambar-gambar serta  memakai tindik di tubuh siswa baik permanen maupun temporer
4

10
Melakukan pemerasan, pemalakan dan tindakan lain yang dikategorikan sebagai aksi kekerasan.
4

11
Mencorat coret dan merusak Gedung serta seluruh perlengkapan yang ada di lingkungan Madrasah.
2

12
Mengambil barang milik orang lain tanpa izin yang dikategorikan sebagai tindakan pencurian.
4

13
Membawa, membaca atau mengedarkan gambar, bacaan dan Blue Film (BF)  atau yang sejenisnya yang berindikasi pornografi.
4

14
Membawa, menyimpan dan menggunakan senjata tajam.
6

15
Membawa rokok atau merokok di lingkungan Madrasah  atau di sekitar lingkungan Madrasah.
6

16

4


Jumlah


IX.     SANKSI-SANKSI
Setiap siswa yang melanggar Tata Tertib dan larangan-larangan tersebut diatas selain sanksi yang sudah ditetapkan juga dikenakan sanksi sebagai berikut :


1.      Surat Peringatan (SP) 1 jika point pelanggaran mencapai point 30 : Orang tua dipanggil.
2.      Surat Peringatan (SP) 2 jika point pelanggaran mencapai point 60 : Orang tua dipanggil, siswa diskors 3 hari dan membuat Surat Perjanjian di atas Materai
3.      Surat Peringatan (SP)  3 jika point pelanggaran mencapai point 90 :  Orang tua dipanggil, siswa diskors 5 hari dan membuat Surat Perjanjian di atas Segel / materai atau dikeluarkan dari madrasah jika point mencapai 100.
4.      Siswa akan dikeluarkan dari MA Muhammadiyah Kota Bima dan diserahkan  kepada orang tua/Wali apabila Siswa:

a.       Melanggar Surat Peringatan (SP) 3.
b.      Melakukan provokasi sehingga menyebabkan tawuran massal.
c.       Melawan Guru atau Karyawan MA Muhammadiyah Kota Bima secara fisik.
d.      Membawa atau mengedarkan, menjual dan menggunakan psikotropika, narkoba dan minuman keras atau sejenisnya.
e.       Membawa, menyimpan dan menggunakan senjata api.

Bima,          Juli  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah



(Abdurrahman, S. Ag., M. Pd.I)
NBM: 966 284
Wakamad Kesiswaan



(Abdurrahman, SH)
966 274




          PANITIA PELAKSANA
          MUSYAWARAH RANTING (MUSYRAN)
            IPM MA MUHAMMADIYAHA KOTA BIMA BIMA
                 Sekretariat:Jln Wolter Monginsidi,Tolobali  Kota Bima Hp: 085238230515
  
Waktu
Acara
Keterangan 
HARI I ( Sabtu, 12 Mei  2012 )



07.00-08.30
PEMBUKAAN

Dengan Rangkaian Acara

1. Pebukaan

2. Pembacaan Qalam Ilahi

3. Menyanyika lagu:
    - Indonesia Raya
     - Mars IPM
Padura MA Muh. Kobi
4. Laporan Panitia Pelaksana 
Gajali
5. Sambutan-sambutan;
    - Pembina OSIS/IPM
    - Kepala Madrasah

Abdurrahman,  SH.
Abdurrahman, S. Ag., M. Pd.I
7. Penutup







08.30-09.00
Pengarahan PD IPM Kota Bima
Affan Susanto
09.00-09.30
Pleno I  Pembahasan Tatib Musyda
SC
09.30-10.00
Pleno II  Laporan Pertanggunjawaban PR IPM MA MUH. Kobi
SC
10.00-10.30
Pleno III Pemilihan Formatur
SC
10.30-11.30
Pleno IV  Sidang Formatur (Pemilihan Ketua Umum) dan dilanjutkan dengan Pembentukan Pengurus
SC
11.30-12.00
Pengumuman Hasil Pemilihan Ketua dan Pengurus Periode  IPM 2014

12.00.13.00

SC
13.00-selsai
Penutupan
1.       Pengarahan Wakamad Kesiswaan
2.       Mars IPM
PENUTUP
Abdurraman, SH

Bima, 12 Januari 2014

Panitia Pelaksana
Ketua



Gajali
Sekretaris



Karno



Mengetahui,
Kepala Madrasah



(Abdurrahman, S. Ag., M. Pd.I)
NBM: 966 284
Wakamad Kesiswaan



(Abdurrahman, SH)
NBM: 966 274






  PANITIA PELAKSANA CLASS MEETING GABUNGAN
IPM RANTING SMA, MA DAN SMK AISYIYAH MUHAMMADIYAH  KOTA BIMA
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013-2014
                 Sekretariat:Jln Wolter Monginsidi,Tolobali  Kota Bima Hp: 085238230515
  
JADWAL PELAKSANAAAN KEGIATAN CLASS MEETING GABUNGAN
IPM RANTING SMA, MA DAN SMK AISYIYAH MUHAMMADIYAH  KOTA BIMA
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Hari/
Tgl
Waktu
Mata Lomba
Kategori
Jumlh
Yg Tmpl
Penanggungjawab
Ket
Ahad, 15 Des 2013
07.00-10.00
Sepak Bola
Pa
3 partai
1.     Asrarudin, S. Pd
Catatan: Semua mata lomba yang tidak tuntas pada hari jadwalnya, maka akan dilanjutkan pada sore hari berjalan
Bola Volli
Pi
3 Partai
1.     Munadir, S. Pd
10.00-12.00
Cerdas Cermat
Campuran
2 babak
1.     Muh. Salmin, S. Pd
2.     Rosita, S. Pd
Senin, 16 Des 2013
07.00-10.00
Sepak Bola
Pa
3 partai
1.     Asrarudin, S. Pd
Bola Volli
Pi
3 Partai
1.     Munadir, S. Pd
10.00-12.00
Cerdas Cermat
Campuran
2 babak
1.     Muh. Salmin, S. Pd
2.     Rosita, S. Pd
Selasa, 17 Des 2013
07.00-10.00
Sepak Bola
Pa
3 partai
1.     Asrarudin, S. Pd
Bola Volli
Pi
3 Partai
1.     Munadir, S. Pd
10.00-12.00
Cerdas Cermat
Campuran
2 babak
1.     Muh. Salmin, S. Pd
2.     Rosita, S. Pd
Rabu,  18 Des 2013
08-11.30
Puitisasi Al-Qur’an
Pa-Pi

1.     Dra. Nursiah
2.     Endang, P. Pd
Pidato
Pa-Pi

1.     Drs. Rusdin
2.     Juliati, S. Pd
3.     Sri Kurniati, S. Pd
4.     Sirajuddin, S. Pd
Kamis, 19 Des 2013
07.00-10.00
Semi Final Sepak Bola
pa
2 Partai


Semi Final Bola Voli
Pi
2 Partai


10.00-12.00
Final Cerdas Cermat
Campuran
1 Babk


Jum’at 20 Des 2013
07.00-08.00
Final Sepak Bola
Pa
1 Partai


08.30-09.30
Final Sepak Bola Voli
Pi
1 Partai


Sabtu, 21 Des 2013
07.00-10.00
Pembagian Hadiah





 Bima, 15 Desember 2013

Panitia Pelaksana
Ketua


(Alif Jabbar)
IPM SMA
Sekretaris


(Adam Malik)
IPM MA



Mengetahui,
Wakil Kepala Sekolah/Madrasah
Bidang Kesiswaan

SMA Muh.



(Drs. Rusdin)
NBM:
MA Muh.



(Abdurrahman, SH.
NBM: 966 274
SMK Aisyiyah



(Sirajuddin, S. Pd)
NBM






              MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMADIYAH DAERAH BIMA
      MA MUHAMMADIYAH KOTA BIMA
Akreditasi B       NSM: 131252720002
                 Alamat : Jln. W. Monginsidi Tolobali Bima-NTB Telp. (0374) 42728-HP. 082 144 102 746, 085 239 803 613

JADWAL SAFARI RAMADHAN
SISWA-SISWI  MA MUHAMMADIYAH
KOTA BIMA

Kecamatan     : Belo Kab. Bima
Tanggal          : 15-17 Juli 2013
Koordinator   : Kaharuddin, M. Pd.I

NO
Nama Masjid
Nama Desa
Nama Petugas
Ket.
1.
Mesjid Al-Khairiyah
Desa Diha
1.       Karno
2.       Afrudin
Hari kedua dan ketiga akan diroling
2.
Mesjid Al-Ikhlas
Desa Ncera
1.       Subhan
2.       Asikin
3.
Mesji Al-Ikhlas
Desa Soki
1.       Maryam
2.       Suharti
4.
Masjid Jamiatutaqwa
Desa Lido
1.       Sri Rahmawati Hs
2.       Eflin Haryati
5.
Masjid Al-Manar
Desa Ngali
1.       Sahwan
2.       Firdaus Abdul Haris
6.
Masjib Al-Ikhlas
Desa Desa
1.       Firdaus H. Akh
2.       Kaharuddin

Kecamatan     : Lambitu Kab. Bima
Tanggal          : 18-20 Juli 2013
Koordinator   :Abdurrahman, SH

NO
Nama Masjid
Nama Desa
Nama Petugas
Ket.
1.
Mesjid Nurul Hidayah
Desa Kuta
1.       Karno
2.       Afrudin
Hari kedua dan ketiga akan diroling
2.
Masjid Besar Dengga
Desa Kuta
1.       Sri Rahmawati Hs
2.       Eflin Haryati
3.
Mesjid Al-Ikhlas Dsn Lengge
Desa Sambori
1.       Subhan
2.       Asikin
4.
Mesji Baiturrahman Dsn Lambitu
Desa Sambori
1.       Maryam
2.       Suharti
5.
Masjid At-Taqwa
Desa Teta
1.       Sahwan
2.       Firdaus Abdul Haris
6.
Masjib Teta II
Desa Teta
1.       Firdaus H. Akh
2.       Kaharuddin

Bima, 14 Juli 2013

Mengetahui,
Kepala Madrasah



(Abdurrahman, S. Ag., M. Pd.I)
NBM: 966 284
Wakamad Kesiswaan



(Abdurrahman, SH)
NBM: 966 274




18 komentar:

  1. Alhamdulillah, sangat istinewa dan salut atas kebaikan laporan ini. Izinkan sy menjadikan laporan ini sebagai rwferensi.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, sangat istinewa dan salut atas kebaikan laporan ini. Izinkan sy menjadikan laporan ini sebagai rwferensi.

    BalasHapus
  3. Terima kasih, sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  4. Trimakasih, sangat membantu dan bermanfaat, minta ijin untuk mencopy dan sebagai referensi

    BalasHapus
  5. terimakasih mohon ijin untuk di copy dan sebagai referensi

    BalasHapus
  6. trimaksih, sangat bermamfaat, minta izin sebagai referensi ya...?

    BalasHapus
  7. Trims sangat bermanfaat , ijin nggeh sbg referensi

    BalasHapus
  8. Terimakasih banyak bermanfaat izin referensinya

    BalasHapus
  9. mohon izin untuk mengcopy laporan kegiatan ini, sangat membantu dalam pengadministrasian kesiswaan

    BalasHapus
  10. Mohon ijin untuk mengcopy laporan ini

    BalasHapus
  11. mohon izin untuk mengcopy laporannya...

    BalasHapus
  12. Terima kasih, semoga menjadi ladang jariyah. Amiiin..

    BalasHapus
  13. Terima kasih,sangat bermanfaat,mohon ijin mengopi materi ini.semoga admin selalu diberkati.

    BalasHapus
  14. Casino de Merged on eCografx | Lootbit.com | lacbet
    · jeetwin JOIN BET; LOOTBET; SPINS BET; DEPOSIT BET; SPIN BET; GAMBLING; GAMBLING. 카지노 Find out more 메리트카지노 about how to join BET.

    BalasHapus
  15. mantap laporannya, sangat bermanfaat. izin copy laporannya.

    BalasHapus